Minggu, 19 Februari 2012

4 Hal Penting dalam Sarapan





Sarapan sehat akan sangat menunjang aktivitas Anda sehari-hari. Ada 4 hal penting dalam sarapan yang perlu Anda perhatikan.

1. Sarapan setiap hari.
Pentingnya sarapan salah satunya diketahui dari suatu survei yang dilakukan terhadap 2.959 anggota National Weight Control Registry, yaitu sebuah perkumpulan yang beranggotakan lebih dari 5.000 orang yang telah berhasil menurunkan berat badannya minimum sebanyak 30 pound dan mempertahankannya paling tidak selama satu tahun. Ternyata kebanyakan dari mereka, yaitu lebih tepatnya sebanyak 78%, memiliki kebiasaan mengkonsumsi sarapan setiap hari.
2. Sarapan lebih awal.
Di hari kerja, apalagi Anda yang memiliki kebiasaan berolah raga di pagi hari, sebaiknya melakukan sarapan sesegera mungkin setelah Anda bangun tidur. Sarapan sehat akan menjadi bahan bakar untuk pagi Anda dan akan mencegah Anda untuk makan secara berlebihan di siang harinya. Untuk hari weekend usahakan agar Anda tidak menunda sarapan lebih dari dua jam setelah bangun tidur. Karena semakin awal Anda memulai metabolisme Anda dengan sarapan, maka akan semakin banyak kalori yang akan dibakar nantinya.
3. Sarapan yang cukup.
Jangan khawatir sarapan porsi besar akan merusak program diet Anda. Para ahli mengatakan bahwa sarapan yang cukup akan dapat mencegah Anda makan secara berlebihan di malam harinya. Kita semua tentu sudah tahu bahwa makan terlalu banyak di waktu malam memiliki pengaruh yang lebih buruk dalam mengendalikan berat badan. Sebaiknya Anda sudah dapat memenuhi 20-25% kebutuhan kalori harian dari sarapan pagi Anda.
4. Sarapan dengan pintar.
Makanan untuk sarapan yang tinggi serat dan rendah gula tentu merupakan pilihan yang dianjurkan ahli kesehatan. Namun akan lebih baik lagi apabila sarapan Anda bukan merupakan makanan siap saji dan tinggi kadar garam, ataupun mengandung bahan kimia tambahan.

Women's Health: Healthy Breakfast For You

0 komentar:

Posting Komentar